Senin, 10 Oktober 2016

Perbedaan Virus, Trojan, Worm, Malware dan Spyware

Share it Please
Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai Perbedaan Virus, Trojan, Worm, Malware dan Spyware. Awalnya saya tidak mengerti apa perbedaan mereka, tapi rasa penasaran untuk mengetahui nya muncul ketika laptop saya sedikit bermasalah dan saya menduga adanya virus berbahaya.


1. Malware
Malware (Malicious software) adalah sebuah software atau kode yang diciptakan seseorang dengan tujuan untuk mengubah data (menghapus, menyembunyikan, dan mencuri), dan menghabiskan sumber daya tanpa seijin pemilik komputer yang tentunya akan merugikan orang lain.
Pada dasarnya malware sangatlah berbahaya karena dapat membuat internet menjadi lambat dan juga dapat mencuri data pribadi kita seperti nomor dan password kartu kredit kita. Selain itu malware juga bisa merusak software dan sistem operasi di laptop kita.

2. Virus
Virus merupakan jenis malware yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri, memanipulasi data, menginveksi, serta mengubah dan merusak progam lain. Virus biasanya menyebar dengan cara menyisipkan program dirinya pada program atau dokumen yang ada dalam komputer.

Sebuah virus biasanya memalsukan virusnya dalam bentuk icon atau ekstensi gambar porno, atau bentuk lain yang dapat menarik perhatian si pemilik komputer untuk melakukan klik sehingga mengaktifkan virus tersebut.

3. Trojan
Trojan adalah sebuah program yang dibuat mirip dengan program komputer yang biasa digunakan yang ketika diinstal komputer dapat mencuri data, dan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya tanpa diketahui oleh si pengguna komuter tersebut.

4. Worm
Worm ini merupakan salah satu malware yang bisa aktif dengan sendiri nya tanpa proses penginstalan ataupun lainnya. Jika worm ini sudah masuk kedalam satu komputer maka ia akan mudah masuk ke komputer lainnya yang berada dalam satu jaringan tanpa diketahui oleh pemiliknya. Worm memiliki kelemahan yaitu hanya dapat menginfeksi sebuah komputer jika dia menemukan sebuah celah keamanan (vulnerability) sebuah software yang ada di dalam komputer.

5. Spyware
Spyware merupakan jenis virus yang digunai untuk memata-matai komputer korbannya. Spyware ini biasanya digunakan untuk mematai matai profil pengguna komputer.

Itulah beberapa Perbedaan Virus, Trojan, Worm, Malware dan Spyware, semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Follow The Author