Minggu, 06 November 2016

Menyembunyikan Pesan Dengan Steganografi

Share it Please
Menyembunyikan Pesan Dengan Steganografi- Steganografi merupakan ilmu yang membahas mengenai bagaimana cara menyembunyikan sebuah pesan atau informasi sehingga informasi tersebut masih dapat dibaca normal tetapi memiliki pesan tersembunyi didalamnya. Steganografi berasal dari Bahasa Yunani, yaitu “steganos” yang artinya “tulisan tersembunyi (covered writing)”.

Penggunaan steganografi sebetulnya telah digunakan berabad-abad yang lalu bahkan sebelum istilah steganografi itu sendiri muncul. Berikut adalah contoh penggunaan steganografi di masa lalu, (Munir, 2005):
1. Steganografi sudah dikenal oleh bangsa Yunani. Herodatus, penguasa Yunani, mengirim pesan rahasia dengan menggunakan kepala budak atau prajurit sebagai media. Dalam hal ini, rambut budak dibotaki, lalu pesan rahasia ditulis pada kulit kepala budak. Ketika rambut budak tumbuh, budak tersebut diutus untuk membawa pesan rahasia di balik rambutnya.
2. Bangsa Romawi mengenal steganografi dengan menggunakan tinta tak-tampak (invisible ink) untuk menuliskan pesan. Tinta tersebut dibuat dari campuran sari buah, susu, dan cuka. Jika tinta digunakan untuk menulis maka tulisannya tidak tampak. Tulisan di atas kertas dapat dibaca dengan cara memanaskan kertas tersebut.
3. Metode lain yang digunakan oleh masyarakat Yunani kuno adalah dengan menggunakan lilin sebagai media penyembunyi pesan mereka. Pesan dituliskan pada suatu lembaran, dan lembaran tersebut akan ditutup dengan lilin untuk menyembunyikan pesan yang telah tertulis. Pihak penerima kemudian akan menghilangkan lilin dari lembaran tersebut untuk melihat pesan yang disampaikan oleh pihak pengirim.

Pada steganografi dikenal beberapa istilah penting antara lain :
1. Message, merupakan data pesan yang akan disembunyikan.
2. Cover Image, merupakan gambar asli.
3. Carrier Image, merupakan gambar yang sudah disisipkan message di dalamnya.
4. Embedding (Encrypt), merupakan proses penyisipan message ke cover image.
5. Extracting (Decrypt), merupakan proses pengambilan data message dari carrier ima

Kelebihan steganografi jika dibandingkan dengan kriptografi adalah pesan-pesannya tidak menarik perhatian orang lain. Pesan-pesan berkode dalam kriptografi yang tidak disembunyikan, walaupun tidak dapat dipecahkan, akan menimbulkan kecurigaan. Seringkali, steganografi dan kriptografi digunakan secara bersamaan untuk menjamin keamanan pesan rahasianya.

Contoh Steganografi:
Ketika tugas saya mau siap
kamis memperbaiki algoritm supaya untuk
nanti mendapatkan nilai
sembilan di ujian ke naikankelas
sehari belajar matematika susah

Contoh 2:
Buat hari yang indah ini
Ku ucapkan selamat pagi
Agar memulai hari dengan senyum
Untuk hidup yang indah ini
Waktu matahari bersinar cerah
Nan elok dipandang mata
Aku tak jemu memandang
Cerahnya hari ini
Hari kumulai dengan semangat
Indah nya hidup ini
Pergi memandang cerahnya hari
Andai engkau tau
Ingin ku gapai awan dilangit
Datanglah untuk melihat
Nuansa keindahan dipagi ini
Ada langit yang cerah menora
Temani awan putih seputih kapas
Dilangit biru
Ukiran manis kulihat
Iringan burung yang ingin mencari makan


Yuk pecahkan steganografi diatas ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Follow The Author